Selasa, 10 Mei 2011

Latihan Pra Jabatan



Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur utama sumber daya manusia aparatur negara mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang mempunyai kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesionalm sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
Untuk dapat membentuk sosok PNS tersebut diatas perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang mengarah kepada upaya peningkatan :
1.       Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air.
2.       Kompetensi teknis, manajerial, dan/atau kepemimpinannya.
3.       Efisiensi, efektifitas, dan kualitas pelayanan tugas yang dilakukan dengan semangat kerja sama dan tanggung jawab sesuai lingkungan kerja dan organisasinya.
Dalam peraturan pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 Tentang Pendidikan dna Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis Diklat PNS. Antara lain Diklat Prajabatan Golongan I yang merupakan syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS Golongan I, Diklat Prajabatan golongan II syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS Golongan II, dan Diklat Prajabatan Golongan III syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS Golongan III. Diklat Prajabatan dilaksanakan untuk memberikan pegetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etikan PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas, dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.
Dasar Hukum Penyelenggaraan:
1.       UU No 43 th 1999 tentang perubahan atas UU No 8 th 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian.
2.       PP RI No 101 th 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.
3.       Keputusan Ka LAN No : 193/XIII/10/6/2001 tentang pedoman umum Diklat Jabatan PNS.
4.       Peraturan Ka LAN No: 2 th 2008 tentang Pedoman Akreditasi dan sertifikasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan PNS.
5.       Peraturan Ka LAN No : 10 th 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Prajabatan.
6.       Surat MENDAGRI No 890/1873/SJ tgl 17 Maret 2010 Perihal Penyusunan Program Diklat th 2011.
7.       Keputusan Gubernur JATIM No : ...../4/KPTS/013/2011 th 2011 Tentang Pelaksanaan Program Pendidikan Prop. Jawa Tmur TA 2011.
8.       Pergub Jatim No 83 Th 2010 tentang standard biaya Diklat Kontribusi Instansi Pengirim di Linkg. Bandiklat Prop. Jatim.
Tujuan Diklat Prajabatan
Sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah No 101 Th 2000 Diklat bertujuan :
1.       Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai degan kebutuhan instansi;
2.       Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa;
3.       Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat;
4.       Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan ugas Pemerintahan Umum dan Pembangunan demi terwujudnya Pemerintah yang baik.
Sasaran :
Sasaran diklat Prajab adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dnegan persyaratan pengangkatan untuk menjadi PNS.

Walhasil, selama mengikuti Diklat Prajab, hmm banyak suka dukanya, waktu itu aku kebagian Diklat di BLKI Singosari Malang, bersama dengan tiga kabupaten lainnya, Sidoarjo, Batu, Magetan, dan LA (kotaku, hihihihi....).
Banyak sekali yang ku peroleh di diklat tersebut, selain dapat banyak ilmu, juga punya banyak teman, tukar pengalaman antar daerah, kenal dengan para Widya Iswara (dosennya para PNS, red) yang super duper hebaattt, para instruktur lapangan yang kereng (piiisss....), kedispilinan yang begitu ketat yang belum pernah aku peroleh di luar, lagu2 yang tak kalah menariknya dengan lagunya para penyanyi, pokoknya mengesankan, n full memoirs.....
Satu lagu ingin coba ku nyanyikan disini :
Kapal selam tangkinya bocor
Timbul tenggelam di perbatasan 2x
Buat apa susah (susah hati)
Buat apa sedih (sedih hati)
LPJ tak pernah bersedih
Hanya dongkol dalam hati...
Hheheee kereeenn bukan....
Cobalah para pembaca ikuti tes CPNS dimanapun itu, dan nikmati LPJ nya, semoga sukses, amin.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar