Kamis, 19 Mei 2011

Sekolah Reguler Kalahkan RSBI


Sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah bertaraf Internasional (RSBI) belum jaminan siswanya lebih baik dari sekolah reguler. Itu terbukti dalam kelulusan SMA di Kota Kediri yang diumumkan kemarin. (Jawa Pos edisi 18 Mei 2011).
Kita mesti selalu cenderung melihat secara kasat mata, bahwa Sekolah dengan standart Internasional yang notabene pasti lebih bagus dari sekolah-sekolah reguler akan menghasilkan out put siswa yang bagus pula. Tetapi realitas di lapangan ternyata berbeda, belum tentu yang di anggap baik itu baik, dan yang dianggap jelek akan jelek.
Kita seharusnya melihat esensi dari sebuah pendidikan, bahwa esensi dari pendidikan adalah proses pendewasaan, baik itu proses pendewasaan intelektual, pendewasaan  moral, dan pendewasaan social. Proses pendewasaan inilah yang tidak selalu ada dalam setiap lembaga pendidikan. Kebanyakan lembaga pendidikan hanya mengutamakan pendewasaan intelektual, padahal pendewasaan moral dan sosial tidak kalah pentingnya. Pendewasaan-pendewasaan tersebut saling terkait, dan tidak dapat dipisahkan-pisahkan dalam diri siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar